Posted by : catatannasantkj1 Minggu, 07 September 2014


Pengertian Socket, Slot & Port Pada Motherboard Sebuah Komputer

Motherboard ASRock H61M-HVSKali ini saya ingin membahas tiga kata yang rasanya penting untuk anda ketahui terutama bagi anda yang berniat merakit komputer untuk pertama kalinya. Tiga kata tersebut adalah socketslot danport, semuanya bisa anda temukan pada sebuah motherboard komputer. Kata socket mengacu pada socket processor yang terdapat pada sebuah motherboard, socket ini adalah tempat kita meletakkan processor pada motherboard, melalui socket inilah sebuah processor terhubung secara elektronik ke motherboard. Socket itu bermacam-macam jenisnya, setiap jenis hanya mendukung jenis processor tertentu, contohnya adalah socket LGA 1155 hanya mendukung jenis processor Intel Sandy Bridge dan Ivy Bridge seperti Intel Core i5-2500K (Sandy Bridge) dan Intel Core i7-3770K (Ivy Bridge), jadi sebelum anda membeli sebuah processor and harus tahu terlebih dahulu apa jenis socket processor yang dimiliki motherboard anda, supaya tidak salah beli.
Slot pada sebuah motherboard adalah tempat kita meletakkan RAM dan kartu-kartu pendukung lainnya seperti VGA card, sound card, LAN card, dan lain sebagainya. Slot ini juga hanya mendukung jenis RAM dan kartu tertentu, misalnya slot DDR3 DIMM hanya bisa kita pasangi jenis RAM DDR3 saja, tidak bisa kita pasangi jenis RAM DDR2 atau DDR1.
Slot RAM DDR3 pada motherboard ASRock H61M-HVS
Dan yang terakhir adalah port, port dalam sebuah motherboard adalah tempat kita mencolokkan perangkat eksternal ke motherboard kita, contoh port adalah port USB, port LAN, port audio dan lain sebagainya.
Port yang terdapat di motherboard ASRock H61M-HVS

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blogger templates

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

About Me

Foto Saya
catatannasantkj1
Lihat profil lengkapku
SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA

widgets

Copyright © catatan_komputer -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan